Domino Perancis

Terlepas dari namanya, ini adalah permainan domino Karibia, dimainkan di Jamaika dan mungkin di pulau lain. Ini fitur tata letak berbentuk salib dimulai dengan ganda.

Pemain dan Peralatan

Ada empat pemain, masing-masing bermain untuk diri mereka sendiri (potong tenggorokan). Sebuah set domino standar [6:6] dari 28 tulang digunakan. Arah permainan berlawanan arah jarum jam.

Sepakat

28 tulang atau kartu dikocok secara menyeluruh di atas meja, dan setiap pemain menarik 7 tulang atau kartu .

Sejarah

Awal abad ke-18 melihat “permainan domino” muncul ke permukaan di Eropa, muncul pertama kali di Italia, sebelum dengan cepat menyebar ke Austria, Jerman selatan dan Prancis. Dari Prancis, permainan ini diperkenalkan ke Inggris pada akhir 1700-an, konon dibawa oleh tawanan perang Prancis. Permainan ini muncul dalam literatur Amerika pada tahun 1860-an dan variannya segera bermunculan. Pada tahun 1889, itu digambarkan telah menyebar ke seluruh dunia, “tetapi tidak ada tempat yang lebih populer daripada di kafe-kafe Prancis dan Belgia. Sejak awal, permainan Eropa berbeda dari permainan Cina. Perangkat domino Eropa tidak mengandung unsur militer-sipil. sesuai dengan perbedaan domino Cina atau duplikat yang menyertainya. Selain itu, menurut Dummett, dalam permainan Cina hanya identitas ubin yang penting; tidak ada konsep pencocokan. Sebaliknya, set dasar 28 ubin unik berisi tujuh keping tambahan, enam di antaranya mewakili nilai yang dihasilkan dari pelemparan satu dadu dengan separuh ubin lainnya dibiarkan kosong, dan domino ketujuh mewakili kombinasi kosong-kosong (0–0). delapan) set muncul di Austria dan, belakangan ini, set 55 buah (double sembilan) dan 91 buah (double dua belas) telah diproduksi.

Bermain

Permainan pertama dari ronde disebut ‘pose’. Di ronde pertama, pemegang double zero harus berpose. Pada ronde-ronde berikutnya, pemenang ronde sebelumnya mengajukan double pilihan mereka atau mengoper jika tidak memegang double. Dalam kasus seri di babak sebelumnya, pemegang nol ganda yang mengajukannya.

Putar terus berlawanan arah jarum jam. Pada gilirannya, setiap pemain harus memainkan satu tulang atau kartu : jika mereka tidak memiliki tulang atau kartu , mereka dapat bermain, mereka harus mengoper.

Empat tulang atau kartu  dengan ujung kosong harus dimainkan melawan empat sisi dari posisi ganda sebelum tulang atau kartu  lainnya dapat dimainkan. Ini menciptakan tata letak berbentuk salib dengan empat lengan. Tulang berikutnya yang dimainkan pada masing-masing lengan ini harus menjadi ganda yang cocok. Sebuah lengan dapat diperpanjang lebih lanjut dengan mencocokkan nomor di ujungnya asalkan ganda dari nomor itu telah dimainkan. Namun, setiap kali nomor baru muncul di ujung lengan, itu tidak dapat diperpanjang lebih jauh sampai ganda dimainkan.

Contoh. Dalam diagram di bawah [2-1] dapat dimainkan di lengan atas karena [2-2] telah dimainkan, tetapi tidak dapat dimainkan di lengan kiri karena [1-1] belum dimainkan. [4-4] dapat dimainkan di lengan bawah, tetapi tidak ada hal lain yang dapat dimainkan di bagian bawah atau kanan sampai [4-4] berada di tempatnya.

Di Domino Prancis, seorang pemain harus bermain jika bisa melakukannya. Passing saat bisa bermain menimbulkan penalti.

Permainan berakhir ketika seorang individu menyelesaikan tulang atau kartu di tangan mereka, atau ketika permainan diblokir karena tidak ada ubin lebih lanjut yang dapat dimainkan. Pemenangnya adalah pemain yang memainkan semua ubin mereka, atau pemain dengan total poin terendah dari tulang yang belum dimainkan jika permainan diblokir.

Penilaian

Di akhir masing-masing tangan, jumlah total bintik pada tulang atau kartu di tangan setiap orang ditambahkan ke skor lari mereka. Seorang pemain yang mengakhiri permainan dengan memainkan tulang terakhirnya mendapat skor nol. Tujuannya adalah untuk mencetak poin sesedikit mungkin.

Jika ada pemain yang masih memegang satu atau lebih ganda saat permainan berakhir, skor pemain itu untuk tangan itu digandakan.

Jika seorang pemain menang dengan memainkan dobel sebagai tulang atau kartu terakhir mereka, skor dari tiga pemain lainnya untuk tangan digandakan. Jika salah satu dari tiga pemain lainnya memegang ganda, kedua ganda berlaku dan skor pemain itu dikalikan dengan 4.

Selama permainan, setiap pemain yang melewati 3 kali berturut-turut memiliki 10 poin yang ditambahkan ke skor mereka. Setelah ini, jumlah operan berturut-turut pemain diatur ulang ke nol. Jika terjadi 3 operan berturut-turut yang tidak mungkin terjadi, 10 poin lainnya akan ditambahkan.

Jika seorang pemain memainkan tulang sedemikian rupa sehingga tidak ada pemain lain yang bisa memainkannya, sehingga ketiga pemain lainnya harus melakukan operan terlebih dahulu sebelum pemain yang sama bermain lagi, maka ketiga pemain yang melakukan passing tersebut masing-masing mendapat skor 10 poin. Ini dikenal sebagai papan pass.

Ada juga penalti 10 poin untuk pemain yang melakukan operan saat bisa bermain atau mencoba melakukan permainan ilegal.

Permainan berakhir ketika satu atau lebih pemain mencapai skor kumulatif 100 atau lebih. Pemain dengan skor terendah pada saat itu adalah pemenangnya. Dalam kasus seri untuk skor terendah, tangan tambahan dimainkan untuk menentukan pemenang. Pemain dengan skor 100 atau lebih adalah pecundang dan pemain selain pemenang yang skornya di bawah 100 tidak menang atau kalah.

Variasi

Karena [0-0] tidak memiliki pip, ia tidak mencetak poin. Seorang pemain yang memiliki [0-0] sebagai satu-satunya tulang yang tersisa saat permainan berakhir akan mendapat skor dua kali nol, yang masih nol, sama dengan pemenangnya. Untuk menghindari anomali ini, beberapa menghitung [0-0] bernilai 10 poin daripada 0, sehingga pemain yang berakhir dengan [0-0] saja akan mendapat skor 20 (2×10).